Gallery Hikmah Aqiqah

Permainan yang Cocok untuk Balita

Permainan yang Cocok untuk Balita


Mainan adalah sesuatu yang sangat disukai semua orang baik tua maupun muda; begitu pula dengan balita sangat menyukai mainan; karena masa anak-anak (balita) adalah masanya bermain. tetapi jangan sampai kita sebagai orang tua tidak mengetahui fungsi dari mainan yang kita berikan padahal dari itulah mereka bisa belajar untuk mengasah kemampuannya.

Untuk lebih memahami konsep yang benar tentang bagaimana bermain dapat meningkatkan sifat kreatif sang anak maka artikel ini sangat sesuai untuk dibaca.

Konsep bermain yang benar
Permainan yang Cocok untuk Balita

Bermain adalah dunia anak. Namun sayangnya banyak orang tua yang sering menganggap bahwa anak-anak mereka terlalu banyak menghabiskan waktu mereka untuk bermain. Padahal, salah satu cara yang tepat untuk mengembangkan kreativitas anak agar optimal adalah dengan bermain.

Bermain pada anak/ balita juga bisa mengendalikan perilakunya, karena bermain bisa menyalurkan energi yang ia miliki, dimana pada masa itu energi yang dimiliki oleh mereka sangat penuh dan bersemangat, bahkan seringkali orang tua yang ikut bermain sudah terlebih dulu kelelahan.

Menurut para psikolog anak terdapat empat faktor penentu suatu tumbuh kembang anak, yaitu faktor psikomotorik, kognitif, emosi dan sosial. Semua faktor tersebut harus berkembang tidak hanya sejalan namun juga seimbang. Menurut fakta, sejak lahir anak telah diharuskan melalui berbagai tahapan dalam pertumbuhan dan perkembangannya.

Apabila ada satu tahap saja dari proses perkembangan anak yang terlewati maka ini berarti ada yang tak sesuai dengan proses yang normal. Hal ini akan mempengaruhi tahapan perkembangan sang anak selanjutnya pada saat dia lebih besar. Bila ada tahapan perkembangan yang tidak harmonis, kemungkinan besar anak akan mengalami kesulitan di masa dewasanya.

Permainan anak-anak untuk mengembangkan kreatifitas anak

Bermain adalah salah satu aktivitas untuk menstimulasi empat faktor penentu tumbuh kembang anak tersebut. Dengan demikian orangtua masa kini tak perlu terlalu sering mengeluh bahwa anak terlalu banyak bermain. Karena, bermain dapat memberi banyak keuntungan bagi sang anak asalkan diawasi selama bermain. Selain itu berbagai kendala yang menjadi penghalang bagi anak untuk mengembangkan kreatifitasnya lewat bermain perlu diatasi. 

Diantaranya adalah lokasi bermain. Kebanyakan orang tua yang langsung memilih pusat belanja sebagai tempat buah hati bermain tidak selalu tepat karena rumah, taman dan lingkungan sekitar selalu dapat menjadi tempat bermain yang ideal bila dikondisikan.

Selain itu, perubahan lingkungan yang cenderung individualis cenderung menjadi problem terutama bagi anak-anak di daerah perkotaan. Akibatnya banyak anak yang kurang dalam permainan yang memerlukan kerjasama. Sehingga tumbuh menjadi anak yang mengalami kesulitan bersosialisasi. 

Pada prinsipnya Permainan Anak-Anak/ balita Untuk Mengembangkan Kreatifitas Anak adalah yang melibatkan hubungan yang baik antara anak dengan orang tua ataupun dengan teman sebayanya, yang dapat dilakukan di sela-sela kesibukan sehari-hari dengan mainan yang tidak harus mahal namun menarik.

Jenis permainan: 

Jenis permainan yang diberikan bisa bervariasi dan di sesuaikan dengan jenis kelaminnya. Bola tendang, role play (bermain peran), boneka tangan (gunakan sebagai media bercerita dengan cerita yang bisa Anda kreasikan sendiri), buku cerita, puzzle sederhana, membangun model (lego), permainan dengan perpaduan memanjat, berjalan diatas sebatang kayu dll; yang kesemua itu ada tujuannya baik asah otak maupun tubuhnya, serta tak lupa juga orang tua harus selalu mengawasi.

jadilah anak-anak saat kita bermain bersamanya.


Jasa aqiqah murah | Aqiqah murah | Harga Aqiqah 

0 comments:

Post a Comment

Aqiqah murah On Facebook