Gallery Hikmah Aqiqah

Manfaat Susu

Manfaat Susu    


    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika minum susu maka ucapkanlah, ‘Allahumma barik lana fihi wa zidna minhu’ (Ya Allah berkahilah kami pada susu ini dan tambahkanlah untuk kami lebih dari itu) karena tidak ada makanan dan minuman yang setara dengan susu.” (HR. Al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman (5957), dinilai hasan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Jami’(381).

    Akhir-akhir ini banyak muncul pemikiran-pemikiran yang mungkin menurut mereka kemajuan ilmu pengetahuan yang pada akhirnya banyak sekali justru menggugat bahkan menyangsikan apa-apa yang dilakukan oleh Nabi (Sunnah) bahkan Naudzubillah sampai menggugat kitabuSyarif, Kalamullah Alquranulkarim. 

     Kalau Hadits/ Sunnah bahkan Alquran dipelajari untuk mencari hikmah dibaliknya it's fine; bahkan justru bisa menambah ilmu pengetahuan bagi berbagai disiplin ilmu, tapi kalau dipelajari untuk menyerang balik, dicari sisi lemahnya yang di akal-akali agar lemah itulah yang tidak boleh. kalau saya pribadi silahkan saja pelajari untuk tujuan menyerang dan dicari sisi lemahnya; saya pribadi tidak khawatir, karena justru yang mempelajar untuk tujuan jelek tidak akan pernah berhasil karena Alquran tiada banding yang dijaga penjagaannya oleh Allah.

    Mengenai prolog diatas, karena pernah ada penelitian mengenai tidak bermanfaatnya susu bagi orang yang sudah dewasa berikut salah satu kutipan tsb :

Manfaat Susu
Menurut buku Miracle of Enzyme karya Hiromi Shinya, MD (guru besar kedokteran Albert Einstein College of Medicine, USA): minum susu sapi tidak bermanfaat bagi tubuh manusia.


Ada beberapa alasan yang dikemukakan oleh Hiromi:

1. Dalam pemrosesan susu, lemak yang terkandung di dalamnya sudah teroksidasi sehingga memiliki efek yang buruk bagi tubuh.
2. Enzym yang terkandung dalam susu sudah rusak pada saat pemrosesannya sehingga tidak ada gunanya lagi dalam tubuh.
3. Tidak ada mamalia yang minum susu. Hanya manusia yang sengaja mengambil susu dari species lain dan meminumnya. Ini bertentangan dengan hukum alam.
4. Kualitas dan kandungan dari berbagai nutrisi yang terkandung di dalam ASI dan susu sapi sangat berbeda.
5. Berdasarkan penelitiannya, banyak manusia yang setelah dewasa tidak memiliki enzym laktase di dalam lambung. Enzym ini berguna untuk penguraian laktosa atau zat gula yang terdapat hanya pada susu mamalia.

Kesimpulan beliau: susu hanya untuk diminum oleh bayi yang baru lahir dan tidak memiliki manfaat baik bagi tubuh manusia biasa.

Dalam Al Quran, susu disebutkan dalam 2 Surat An Nahl dan Al Mu'minun :

Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya (QS An Nahl : 66)
Dan sesungguhnya pada binatang-binatang ternak, benar-benar terdapat pelajaran yang penting bagi kamu, Kami memberi minum kamu dari air susu yang ada dalam perutnya, dan (juga) pada binatang-binatang ternak itu terdapat faedah yang banyak untuk kamu, dan sebagian daripadanya kamu makan (QS Al Mu'minum : 21)
Tidak mungkin Allah menjerumuskan hamba-hamba-Nya dengan menunjukkan sumber minuman yang justru menimbulkan berbagai macam penyakit. Sehingga, jangan pulalah kita cepat-cepat mengambil kesimpulan ketika kita membaca pernyataan/ penelitian jika kita tidak ada Ilmu tentangnya.

      Adapun mengenai bayi/ seseorang yang alergi terhadap susu hewan adalah sesuatu yang berbeda pembahasannya mengenai kemanfaatan susu, yang ingin ditekankan disini adalah mengenai  janganlah kita men- judge sesuatu itu tidak ada manfaatnya apalagi hal tsb ada dalam hadits/ Alquran.

      Sebagai muslim kita harus berpatokan pada Alquran dan Assunnah (wah radikal niee.... heheee.... para islam phobia telah mendapatkan pialanya dari anda), pola fikir kita harus berbingkai pada dua dasar tsb. berikut ayat mustika yang bisa kita renungkan dalam segala hal, yaitu tentang tiada yang diciptakan sia-sia olehNya :

"Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka." QS. Aali 'Imraan, 3:190-191.

     Mungkin saja susu tersebut bisa tidak berguna jika dilihat dari hulu sampai hilir nya buruk dalam prosesnya; apakah hewan ternak penghasil susu tersebut baik dalam pemeliharaannya (cukup pakan, perlakuan terhadap hewan baik tidak di pukul, di tendang dsb, cukup vitamin dll), apakah susu tersebut murni/ campuran (dibuka lagi hadits tentang pencampur susu di zaman Khilafah umar), tempat prosesnya/ kemasannya. banyak faktor untuk penurunan kualitas susu tsb; termasuk di proses menjadi susu kental/ bubuk.

atau ada hal lain dibalik penelitian itu (mulai dah pemikiran konspiratusnya keluar) sama halnya dengan flu burung, vaksin dll. untuk Manfaat Susu/ kandungan-kandungan dalam susu silahkan di search lagi mbah googlenya.

wallahu a'lam; semoga Allah selalu menjaga kita semua. 

Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Aqiqah murah On Facebook