Gallery Hikmah Aqiqah

Manfaat Bermain Bagi Anak

Manfaat Bermain Bagi Anak



Bermain, itulah dunianya anak-anak. manfaat yang didapatkannya banyak sekali, dari mulai imaginasi, interaksi sampai syaraf-syaraf maupun perkembangan otot-ototnya. anak-anak mempunyai energi yang banyak sekali untuk bermain. bahkan ketika bermain dengan kita, malah kitanya yang sudah ngosh-ngoshan.

tapi di zaman yang serba instans & gadget ini, permainan apa yang baik untuk anak kita. tidak seperti zaman orang tua kita dan kita (s/d thn 90an) segala permainan masih sangat tradisional dan cukup mengolah tubuh dan energi kita; yang kesemuanya melibatkan fisik (petak umpet, tap lari jongkok, galasin, demprak, karet, dsb).

berikut beberapa alasan/ Manfaat Bermain Bagi Anak di luar :

7 Alasan Anak Harus Main di Luar, Bukan Main Gadget

Manfaat Bermain Bagi Anak, main, anak
1. Penurunan perkembangan otak
Pada lima tahun pertama hidupnya, otak anak berkembang sangat pesat. Studi menunjukkan bahwa terlalu banyak gadget akan memengaruhi fungsi otak dan menyebabkan anak menjadi kurang perhatian terhadap lingkungan sekitar.
Manfaat Bermain Bagi Anak, main, anak

2. Radiasi
Penelitian yang dilakukan Universitas Leeds di kota Leeds dan Universitas Manchester and Institute of Cancer Research di Manchester, Inggris, menyatakan bahwa syaraf anak masih berkembang dan tengkorak tipis membuat anak rentan terserang radiasi dari ponsel. Penggunaan telepon genggam di dekat kepala anak dikhawatirkan akan menghancurkan sel otak balita.
Manfaat Bermain Bagi Anak, main, anak

3. Mengurangi kemampuan interaksi sosial
Dalam sebuah artikel yang diterbitkan di The New York Times, penulis buku iBrain:Surviving the Technological Alteration of the Modern Mind dan Direktur Longevity Center di Universitas California, Dr Gary Small mengatakan anak-anak yang menghabiskan terlalu banyak waktu dengan teknologi, akan mengurangi interaksi dan mengganggu keterampilan komunikasi.
Manfaat Bermain Bagi Anak, main, anak

4. Tempramental
Coba sesekali perhatikan perilaku anak yang berinteraksi dengan gadget berjam-jam lamanya. Apakah anak Anda menjadi agresif? Tantrum adalah bentuk paling umum dari agresivitas di kalangan balita. Sikap agresif dan tantrum merupakan akibat dari paparan gadget. Saat mereka tumbuh dewasa, anak-anak yang kecanduan game lebih mungkin untuk tidak mematuhi orang tuanya.
Manfaat Bermain Bagi Anak, main, anak

5. Obesitas
Anak-anak yang mengandalkan waktu bermain mereka di depan layar gadget daripada di taman bermain, tidak dapat membakar kalori di tubuhnya. Satu dari tiga anak Amerika mengalami obesitas yang dapat menyebabkan komplikasi penyakit seperti diabetes, serangan jantung, dan stroke.
Manfaat Bermain Bagi Anak, main, anak

6. Merusak penglihatan
Kontak yang terlalu lama di layar komputer dapat merusak mata. Para ahli mengatakan, penglihatan yang baik diperoleh jika menatap benda dari jarak yang bervariasi. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang kecanduan bermain game komputer lebih mungkin mengalami gangguan pada mata mereka.
Manfaat Bermain Bagi Anak, main, anak

7. Kurang minat bermain di alam terbuka
Gadget 'membunuh' perkembangan anak. Beberapa orang tua tidak menyadari bahwa anak mereka terasing dari alam, tumbuhan, hewan, danau, dan langit. Balita harus mampu melempar bola, melompat, berlari, dan bernyanyi. Intinya, anak harus aktif bergerak untuk merangsang perkembangan saraf motorik.

Manfaat Bermain Bagi Anak, main, anak

0 comments:

Post a Comment

Aqiqah murah On Facebook